Cara Menambah Kategori Pada Prestashop

Untuk Cara Menambah Kategori Pada Prestashop, Anda dapat dengan mudah melakukannya dari panel admin (backend) dari toko online Anda. Setelah Anda login ke backend dari situs Anda klik pada tab katalog di sudut kiri atas. Anda akan melihat daftar kategori tingkat atas, serta produk utama yang ditampilkan pada homepage dari toko Anda. Jika Anda telah menginstal PrestaShop menggunakan jenis modus Full instalasi, harus ada beberapa kategori sampel:
Anda dapat menelusuri dan melihat melalui pengaturan kategori sampel untuk melihat bagaimana mereka dikonfigurasi. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik ikon “edit” (icon pensil dengan selembar kertas).
Untuk membuat sebuah kategori produk baru klik pada tombol Tambahkan subkategori baru. Ini tepat di atas tabel dengan kategori sudah dibuat. Anda akan dibawa ke sebuah halaman dengan beberapa pilihan yang Anda miliki untuk mengkonfigurasi. Untuk kolom yang ditandai dengan bintang merah, harus anda isi (tidak boleh kosong).
Pertama Anda harus mengetikkan nama kategori. Kemudian Anda dapat memilih apakah Anda ingin kategori yang akan ditampilkan pada frontend situs Anda. Pilihan ini diaktifkan secara default, jadi jika Anda tidak mengubahnya kategori akan ditampilkan setelah Anda menyimpannya. Kemudian Anda dapat memilih apakah Anda ingin kategori menjadi kategori atas (subkategori dari Home), atau Anda dapat membuatnya menjadi subkategori dari kategori lain. Anda juga dapat menulis deskripsi singkat dari kategori dan meng-upload gambar logo dari komputer lokal Anda.
Dimensi default untuk kategori gambar 500×150 piksel adalah (lebar x tinggi). Ketika gambar di-upload ke akun Anda, di samping yang asli, empat salinan lain dari gambar yang akan ditambahkan (kategori, large, medium, small). Setiap gambar akan memiliki dimensi standar yang berbeda, Anda dapat mengubah dimensi-dimensi dari panel admin (Preferensi tab> Images). Tentu saja, perubahan ini akan mempengaruhi upload gambar setelah ukuran images di konfigurasi, bukan gambar yang sudah ada di akun Anda. Namun jika anda sudah mengupload gambar produk sebelumnya, anda dapat meng-generate. Jadi gambar yang sudah terlanjur di generate tadi akan di sesuaikan ukurannya.
Jika Anda meng-upload gambar yang memiliki dimensi yang berbeda dari yang standar untuk gambar kategori, maka akan secara otomatis diubah ukurannya. Namun, hasilnya akan lebih baik jika Anda mengubah ukuran dan / atau crop gambar ke dimensi yang dibutuhkan sebelum Anda meng-upload. Jika gambar asli lebih kecil (misalnya 300×150 piksel), pada frontend toko itu akan ditampilkan pada latar belakang putih untuk mencocokkan dimensi aslinya. Anda dapat menemukan gambar pada account Anda di root / img / c. Jadi, misalnya, jika toko Anda diinstal dalam folder bernama prestashop di direktori public_html akar pada akun Anda, path ke folder akan public_html / prestashop / img / c.
Kelompok pilihan berikutnya (pengaturan meta) menyangkut optimasi mesin pencari. Informasi yang Anda berikan di sini tidak akan langsung terlihat pada frontend dari toko Anda. Pada field judul Meta Anda dapat mengetik judul untuk kategori. Pada field deskripsi Meta Anda dapat mengetikkan deskripsi singkat kategori.
Pada field kata kunci / Meta keyword Anda dapat mengetikkan beberapa kata yang paling menggambarkan kategori. Jika Anda mengetik lebih dari satu kata, gunakan koma untuk memisahkannya. Ini diragukan apakah elemen meta akan membantu dalam hal optimasi mesin pencari dan peringkat, tetapi juga tergantung pada mesin pencari. Opsi-opsi meta tidak diperlukan, jadi terserah pada Anda apakah Anda ingin mengkonfigurasi mereka.
Pada field Friendly URL nama kategori yang Anda inginkan untuk muncul di alamat URL. Jangan ketik alamat URL seluruh toko Anda, tetapi hanya nama kategori. Jika ada lebih dari satu kata, menempatkan tanda hubung antara kata-kata (misalnya jaket kulit). Namun, Friendly URL tidak diaktifkan secara default.
Opsi terakhir pada halaman ini adalah Customer Group Access. Secara default, pilihan tersebut sudah ditetapkan, sehingga semua pengunjung ke toko Anda akan memiliki akses ke kategori baru. Dari pilihan ini, bagaimanapun, Anda dapat membatasi akses ke kategori untuk kelompok tertentu dari pelanggan. Untuk melakukan hal ini pertama-tama Anda harus membuat kelompok sendiri. Untuk informasi lebih lanjut periksa artikel tentang cara membuat grup pelanggan di PrestaShop.
Setelah Anda selesai dengan pengaturan klik tombol “Save” atau pada tombol “Save and back to parent category” di bagian bawah halaman.
Sekarang Anda dapat me-refresh frontend dari toko Anda untuk melihat hasilnya.